Rabu, 10 Februari 2016

berhati-hati dalam menolak pemberian seorang muslim

(وإياك) أن تكسر قلب مسلم برد صنيعته عليه، وأنت تعلم أن الواصل إليك على يده إنما هو من الله حقيقة وإنما هو واسطة مسخر مقهور وفي الحديث: من أتاه شيء من غير مسألة ولا استشراف نفس فرده فإنما يرده على الله".
وفي الرد آفة عظيمة وهي أن العامة مجبولون على تعظيم من يرد صلاتهم عليهم، فربما كان الحامل لبعض النساك على الرد التظاهر بالزهد؛ حرصاً منه على حصول المنزلة عندهم، ومن ههنا كان بعض المحققين يأخذ من أيدي الناس ظاهراً ثم يتصدق به سراً.
وقد يجب الرد في مسائل، وقد يندب:
"منها" أن يحمل إليك ما تعلم أو تظن بعلامة أنه حرام، أو تحمل إليك صدقة واجبة على ظن أنك من أهلها وأنت لست كذلك.
"ومنها" أن يكون المسدي إليك ظالماً مصراً على الظلم وتخشى إذا قبلت معروفه أن قلبك يميل إليه أو تداهنه في الدين أو يغلب على ظنك أنك متى قبلت شيئا يصير بحيث لا يقبل منك ما تلقيه إليه من الحق.
(1/69)
________________________________________
"ومنها" أن تعلم من حال إنسان أنه يقصد بصلته إضلالك عن سبيل الله بمساعدته على باطل أو ترك حق، ومن هذا القبيل ما يأخذه القاضي والعامل وغيرهما من ولاة الأمور من الخصمين أو أحدهما إذا ترافعا إليهم، وهذا هو الرشا المحرم، وله تتمات مذكورة في مواضعها فعليك بالرد في جميع هذه المسائل المذكورة.

dan hati-hatilah kamu dari menyakiti hati seorang muslim dengan menolak hasil pemberiannya, karna ketahuilah bahwa segala sesuatu yang ada di tangannya pada hakikatnya dari Allah. sedangkan ia hanya sebagai perantara.
Rasulullah saw. bersabda: ''Barangsiapa diberi sesuatu tanpa adanya permintaan dan keinginan untuk memperolehnya lalu ia menolaknya, maka ia telah menolak pemberian Allah. sedangkan bagi penolak terdapat bencana yang besar''
kebanyakan orang awam selalu mengagung-agungkan orang yang menolak pemberian, kadang-kadang sebagian ahli ibadah terdorong menolak pemberian dengan dalil zuhud, tetapi di balik itu mereka menginginkan kedudukan di kalangan kaum awwam. oleh karna itu kaum muhaqiqin menerima pemberian secara terang-terangan kemudian menyedekahkan kembali secara rahasia.
dalam keadaan tertentu engkau wajib menolak pemberian dari seseorang, bila engkau mengetahui dan memperkirakan bahwa barang-barang itu merupakan barang haram.
dan
bila engkau menerima zakat dan pemberipun menyangka engkau berhak menerimanya, padahal keadaan yang sebenarnya tidak demikian.
dan bila pemberi senantiasa berlaku dhalim dan engkau pun takut jika engkau menerima pemberiannya hatimu akan cenderung mengikuti perbuatannya dan menentang ajaran agama, dan engkau yaqin jika suatu saat engkau menerima pemberiannya ia tidak lagi menerima segala perkataanmu yang menunjukan kebenaran.
dan juga bila engkau mengetahui adanya pemberian yang bertujuan menyesatkanmu, dalam menolongnya berbuat kebathilan serta meninggalkan segala sesuatu yang hak.
dalam hal ini pemberian barang dari hakim atau pejabat pemerintah hasil sitaan dua orang yang sedang bersengketa pun hukumnya haram, karna barang-barang itu termasuk suap. oleh sebab itu, hendaklah engkau berhati-hati dan menolak segala pemberian yang telah diterangkan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar