Kamis, 27 Agustus 2015

bab sholat jum'at

باب صلاة الجمعة (Bab sholat jum'at)
قال الله تعالى: {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إذا نُودِيَ للصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الجُمُعَةِ فاسْعَوا إلى ذِكْرِ الله وَذَرَوا البَيْعَ ذالِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِروا فِي الأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ الله وَاذْكُرُوا الله كثيراً لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ} (سورة الجمعة: 9 ـــــ 10).
Allah ta'ala berfirman:"Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi menuntut rizqi karunia Allah,dan banyaklah berdzikir pada Allah supaya kamu beruntung''
وأخرج القضاعي وابن عساكر عن ابن عباس رضي الله عنهما: قال: قال رسول الله : «الجُمُعَةُ حَجُّ الفُقَرَاءِ»
dan telah meriwayatkan al-qadha'i dan Ibnu asakir dari Ibnu Abbas ra. berkata, Nabi SAW. bersabda:'' sembayang Jum'at itu hajjinya orang faqir miskin''.
والشافعي وأحمد عن سعد بن عبادة: «سَيِّدُ الأيَّامِ عِنْدَ الله يَوْمُ الجُمُعَةِ وَهُوَ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ النَّحْرِ وَيَوْمِ الفِطْرِ» وفيه خمس خصال: فيه خلق الله آدم، وفيه أهبط من الجنة إلى الأرض، وفيه توفي وفيه ساعة لا يسأل العبد فيها شيئاً إلا أعطاه إياه ما لم يسأل إثماً أو قطيعة رحم، وفيه تقوم الساعة، ومامن ملك مقرّب ولا سماء ولا أرض ولا ريح ولا جبل ولا حجر، إلا وهو مشفق من يوم الجمعة؛
dan Imam Syafi'i dan Imam Ahmad meriwayatkan dari sa'ad bin Ubadah:''hari termulia di sisi Allah adalah hari Jum'at dan hari jum'at ini lebih afdhol dari 'idul nahri dan 'idul fithri''
'dan dalam hari jum'at ada 5 perkara: 1.pada hari ini diciptakan Nabi Adam as. 2.dan pada hari ini diturunkannya Nabi Adam dari surga ke bumi. 3.pada hari ini juga meninggalnya Nabi Adam. 4.pada hari ini ada waktu mustajab, tidaklah seseorang berdo'a bertepatan dengan saat itu melainkan pasti diterimah selama tidak berdo'a untuk kejahatan dosa atau memutus hubungan keluarga. 5.dan pada hari ini (jum'at) akan tiba hari qiyamat.dan tidaklah satu malaikat muqarrab pun atau langit,bumi,angin,bukit,atau batu melainkan semuanya rindu pada hari jum'at''.
ومسلم وأبو داود عنأبي موسى الأشعري أنه سمع رسول الله يقول: «إنَّ سَاعَةَ الإجَابَةِ مَا بَيْنَ أَنْ يَجْلِسَ الإمَامُ إلى أَنْ تُقْضَى الصَّلاةُ»
Muslim dan Abu Dawud meriwayatkan dari Musa al-Asy'ari ra. bahwa beliau telah mendengar Nabi SAW. bersabda:''sesungguhnya saat yang mustajab itu diantara duduk imam di antara dua khutbah hingga selesai shalat jum'at''
وأحمد والترمذي عن ابن عمر: «مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَوْمَ الجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الجُمُعَةِ إلا وَقَّاهُ الله تَعَالَى فِتْنَةَ القَبْرِ» أعاذنا الله منها
imam Ahmad dan Tirmidzi meriwayatkan dari Ibn Umar, berkata:'' tidaklah seorang muslim yang mati pada hari jum'at atau malam jum'at, melainkan Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur''.
والطبراني عن أبي سعيد: «إنَّ الله كَتَبَ عَلَيْكُم الجُمُعَةَ فِي مَقَامِي هاذَا فِي سَاعَتِي هاذِهِ في شَهْرِيَ هاذا في عَامِي هاذا إلى يَوْمَ القِيَامَةِ مَنْ تَرَكَها بِغَيْرِ عُذْرٍ مَعَ إمامٍ عَادِلً، أَوْ إمَامٍ جَائِرٍ فَلا جُمِعَ لَهُ شَمْلُهُ ولا بُورِكَ لَهْ فِي أَمْرِهِ،أَلا وَلا صَلاةَ لَهُ، ألا وَلا حَجَّ لَهُ، أَلا وَلا بَرَّ لَهُ وَلا صَدَقَةً لَهُ».
dan thabrani dari abu Said berkata: ''sungguh Allah telah mewajibkan atas kamu sembayang jum'at ditempatku ini, di saat ini,dibulan ini, di tahun ini hingga hari qiyamat, siapa yang meninggalkannya tanpa Udzur, baik bersama imam yang adil atau imam yang dhalim, maka semoga Allah tidak menghimpun perkumpulannya, dan tidak ada keberkahan dalam urusannya, ingatlah tidak akan dianggap shalatnya, hajjinya, ta'atnya, dan sedekahnya.
وأبو داود والحاكم عن طارق بن شهاب: «الجُمُعَةُ حَقُّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِي جَمَاعَةٍ إلا عَلَى أَرْبَعَةٍ: عَبْدٌ مَمْلوكٌ أَوِ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِيٌّ أَوْ مَرِيضٌ»
Abu Dawud dan Hakim meriwayatkan dari Thariq bin Shihab ra. berkata, Nabi SAW. bersabda:''sembayang jum'at itu wajib atas tiap orang muslim berjama'ah, kecuali empat orang: hamba sahaya, atau wanita, atau anak (yg belum baligh) atau orang sakit''.
وأحمد ومسلم عن أبي هريرة: «مَنْ تَوَضَّأَ يَوْمَ الجُمُعَةِ فَأَحْسَنَ الوُضُوء؛ ثُمَّ أَتَى الجُمُعَةَ وَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الجُمْعَةِ الأخْرَى، وَزِيادَةَ ثَلاثَة أَيامٍ وَمَنْ مَسّ الحَصَى فَقَدْ لَغَا»
Ahmad dan Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah berkata, Nabi SAW. bersabda:''siapa yang wudhu pada hari jum'at,dan menyempurnakan wudhunya, kemudian pergi ke masjid untuk shalat jum'at dan mendengarkan khutbah dan memperhatikannya maka diampunkan baginya dosa-dosa yang terjadi antara jum'at itu dengan jum'at sebelumnya, dan ditambah tiga hari, dan siapa yang memegang-megang batu krikil maka laghu jum'atnya.(yakni siapa yang main-main dengan batu atau lain-lainnya yang berarti tidak memperhatikan khutbah,maka jum'atnya tidak mendapat pahala).
وأحمد والحاكم عن أبي الجعد: «مَنْ تَرَكَ ثَلاثَ جُمَعٍ مُتَهاوِناً بِها طَبَعَ الله عَلَى قَلْبِهِ»
Ahmad dan Hakim dari Abu ja'd:'' siapa yang meninggalkan tiga kali shalat jum'at karna meremehkannya (menganggap ringan) maka Allah akan menutup hatinya.
والطبراني عن أسامة بن زيد: «مَنْ تَرَكَ ثَلاثَ جُمُعَاتٍ مِنْ غَيْرِ عُذْرٍ كُتِبَ مِنَ المُنَافِقِينَ
Thabrani dari Usamah bin Zaid ra. berkata:''siapa yang meninggalkan shalat jum'at hingga tiga kali tanpa Udzur, maka akan di catat dari golongan orang munafiq (H.R. Thabrani)
وحكى الدّينوري عن الأوزاعي قال: كان عندنا صياد، وكان يخرج في الجمعة لا يمنعه مكان الجمعة من الخروج فخسف به وببغلته في الأرض، فخرج الناس وقد ذهبت بغلته في الأرض فلم يبق منها إلا أذنها وذنبها.
hikayat: Addanuri dari Al-Auza'i berkata:''dahulu disini ada seorang pemburu yang biasa keluar pada hari jum'at, shalat jum'at tidak mencegah dirinya dari keluar berburu, tiba2 ketika ia keluar ia ditelan oleh bumi, dan ketika dicari oleh orang2 dibumi mereka hanya mendapat telinga dan ekor keledainya.
وحكى ابن أبي شيبة عن مجاهد: أن قوماً خرجوا في سفر حين حضرت الجمعة، فاضطرم عليهم خباؤهم ناراً من غير نار يرونها.
hikayat:''Ibnu syaibah dari mujahid berkata:''ada suatu kaum yang keluar bepergian pada hari jum'at, tiba2 kemah mereka terbakar, padahal pada mulanya mereka tidak melihat orang yang menyalahkan api''.
قال اليافعي: بلغنا أن الموتى لا يعذبون ليلة الجمعة تشريفاً لهذا الوقت
al-Yafi'i berkata:''kami mendapat keterangan bahwa orang mati tidak disiksa pada hari jum'at dan malam jum'at karna kemulian hari itu.
وحكى الأوزاعي عن ميسرة بن جليس؛ أنه مرَّ بمقابر باب توماء وقائد يقوده، وكان مكفوفاً فقال: السلام عليكم أهل القبور أنتم لنا سلف. ونحن لكم تبع، ورحمنا الله وإياكم وغفر لنا ولكم، وردّ الروح في رجل منهم فأجابه، فقال: طوبى لكم يا أهل الدنيا حين تحجون في الشهر أربع مرات. قال وإلى أين يرحمك الله؟ قال: إلى الجمعة أفما تعلمون أنها حجة مبرورة متقبَّلة.
hikayat:''al-Auza'i dari Maisarah bin Jalis, ketika ia telah buta dituntun oleh penuntunnya kekubur, dan sampainya di kubur memberi salam :'' Asalamualaikum Ahlal Qubur antum lana salaf wa nahnu lakum taba'un, wa RahimanaLLahu wa Iyyakum, wa Ghafara lanaa wa lakum (selamat sejahtralah bagi kalian ahli kubur, kamu telah mendahului kami dan kami akan mengikuti kalian, semoga Allah merahmati kami dan kamu, dan mengampuni kami dan kamu).tiba2 Allah mengizinkan Ruh salah seorang dari ahli Qubur menjawab padanya:''untung kamu hai ahli dunia, kalian dapat berhajji tiap bulan 4 kali. ditanya: kemana? semoga Allah memberi rahmat kepada kamu! Ruh itu menjawab:'' ke sholat jum'at, apakah kamu tidak mengetahui bahwa sholat jum'at itu sama dengan hajji mabrur yang diterima''

(تنبيهان: أحدهما) أن أداء صلاة الجمعة مع الجماعة على غير ذوي الأعذار فرض عين إجماعاً، فمن استحلّ تركها وهو مخالط للمسلمين كفر، ومن ثم لو قال إنسان أصلِّي ظهراً لا جمعة قُتل على الأصحّ.
وثانيهما: أنه يحرم على من تلزمه الجمعة كمقيم لم يتوطن إنشاء سفر بعد فجرها ولو للطاعة.
PERINGATAN: Pertama
sholat jum'at berjama'ah itu fardhu ain bagi setia muslim yang tidak memiliki udzur menurut ijma, maka siapa yang menghalalkan meninggalkannya maka ia dihukumi kafir,bila ia berada di tengah-tengah kaum muslimin.dari sini jika seseorang mengatakan aku akan solat dhuhur tidak akan solat jum'at maka dia di hukum mati menurut pendapat yang ashoh.
Kedua: diharamkan bagi seseorang yang terkena kewajiban solat jum'at seperti muqim bepergian pada hari jum'at setelah fajar walaupun untuk melakukan keta'atan (jika di khawatirkan tidak mendapati solat jum'at di tempat tujuan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar