Rabu, 26 Agustus 2015

kisah hikmah

KISAH HIKMAH:
دخل أحد الصالحين مسجداً ليصلى
فرأى صبياً لم يتجاوز الحادية عشرة من عمره قائماً يصلى فى خشوع تام
تقدم الرجل الصالح وسأله : ابن من أنت ؟
فأجاب الصبى : ابن رجل مات شهيداً فى إحدى المعارك
فقال الرجل الصالح : أترضى أن تكون لى ولداً وأكون لك أباً ؟
قال الصبى : هل تطعمنى إذا جعت ؟
فقال الرجل الصالح : نعم .
قال الصبى : هل تسقينى إذا عطشت ؟
فقال الرجل الصالح : نعم .
فقال الصبى : هل تكسونى إذا عريت ؟
فقال الرجل الصالح : نعم .
فقال الصبى : هل تحيينى إذا مت ؟
فدهش الرجل الصالح ! وقال هذا ما ليس إليه سبيل!
فأشاح الصبى بوجهه وقال : فاتركنى إذن للذى خلقنى ثم يرزقنى ثم يميتنى ثم يحيينى
فانصرف الرجل وهو يقول : لعمرى من توكل على الله كفاه !!
**** ربنا توكلنا فى كل أمورنا عليك فاصرف عنا شر ما قضيت انت الحى الذى لا يمت ولا حول ولا قوة الا بالله العلى العظيم**
alkisah: ada seorang yg sholih dan ahli ibadah memasuki masjid untuk mengerjakan sholat, baru beberapa langkah beliau masuk masjid, beliau mendapati ada seorang anak kecil yg umurnya kira2 belum sampai 11 tahun sedang berdiri mengerjakan sholat dg sangat tenang dan dalam kekhusu'an yg sempurna, maka orang sholih ini mendekatinya dan terjadilah sebuah dialog:
org sholih: wahai anak kecil, anak siapakah km sebenarnya...????
anak: aku adalah anak dr seorang pejuang yg telah mati syahid dlam suatu peperangan.
org sholih: mau kah km, seandainya aku menggatikan ayahmu, dan km akan aku angkat menjadu anaku...???
anak: apakah km akan memberiku makanan apabila aku lapar...???
org sholih: ya....
anak: apakah engkau akan memberiku minum apabila aku haus...????
org sholih: ya, akan aku berikan
anak: apakah engkau akan memberikan pakaian padaku jika aku membutuhkanya...???
org sholih: ya, akan aku berikan
anak: apakah engkau akan menghidupkanku jika suatu saat mnanti aku akan mati...???
maka tercenganglah org sholih ini terhadap pertanyaan sang anak,
maka org sholih ini menjawab: untuk malah hidup dan matimu aku tdak mempunyai kemampuan sama sekali dalam menetukanya....
mendengar jawaban org sholih tadi, sang anak memalingkan wajahnya seraya berkata kpda beliu:
"kalau begitu sekarang juga tinggalkan aku, dan biarkanlah aku bersama dzat yg telah menciptakan aku, memberi rizki padaku, yg bisa mematikan, serta menghidupkanku kembali pada hari pembalasan nanti"
maka org sholih itu berkata: aku bersumpah, sesungguhnya barang siapa yg bertawakkal (pasrah) kpda ALLOH pasti ALLOH sendirilah yg akan mencukupinya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar