Kamis, 27 Agustus 2015

Memohon husnul khotimah

Memohon husnul khotimah

ولا تزال سائلاً من الله حسن الخاتمة ، وقد بلغنا أن الشيطان - لعنه الله - يقول : قصم ظهري الذي يسأل الله تعالى حسن الخاتمة . أقول : متى يعجب هذا بعمله! أخاف أن قد فطن .
  • setiap muslim harus senantiasa memohon, agar Allah swt. berkenan mewafatkannya dalam keadaan husnul khotimah.karna syetan yang terkutuk akan berkata:''Aduh! orang yang memohon husnul khotimah itu telah mematahkan tulang belakangku, celaka,kapan ia mau membangga-banggakan amalannya. aku khawatir, ia telah mengetahui tipu dayaku''.
وأكثر من الحمد والشكر لله على نعمة الإسلام ، فإنها أعظم النعم وأكبرها ، فإن الله لو أعطى الدنيا بحذافيرها عبداً ومنعه الإسلام لكان ذلك وبالاً عليه .
ولو أعطاه الإسلام ومنعه الدنيا لم يضرُّه ذلك ، لأن الأول يموت فيصير إلى النار ، وهذا الثاني يموت فيصير إلى الجنة
  • hendaklah kamu memperbanyak ucapan puji dan syukur kepada Allah Ta'ala atas ni'mat islam. sebab ni'mat islam adalah setinggi-tinggi dan dan sebesar-besarnya ni'mat. sekiranya di taqdirkan, bahwa Allah mengaruniakan dunia seisinya kepada seorang hamba, tanpa mengaruniakan islam kepadanya, maka segala karunia itu hanya akan menjadi bencana baginya. sebaliknya jika Allah mengaruniakan islam, tanpa memberikan dunia, maka yang demikian itu tidak akan membahayakannya. sebab orang yang pertama tadi, jika mati tempatnya adalah neraka. sedang orang yang kedua, jika mati tempatnya adalah surga.
وعليه أن لا تزال خائفاً وجلاً من سوء الخاتمة ، فإن الله مقلب القلوب ، يهدي من يشاء ،ويضل من يشاء . وفي الحديث الصحيح : (( والذي لا إله غيره : إن أحدكم ليعمل بعمل أهل الجنة ،
وحتى ما يكون بينه وبينها إلا ذراع ، فيسبق عليه الكتاب ، فيعمل بعمل أهل الجنة فيدخلها)) الحديث
  • karna itu, hendaklah kamu merasa takut dan cemas akan suul khotimah itu, karna bukan hal yang aneh jika Allah merubah kalbu hamba-Nya. Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki, dan menyesatkan siapa yang Dia kehendaki.dalam sebua hadist sohih, Rasulullah saw. bersabda:''bahwasannya Dialah Tuhan, yang tiada Tuhan selain Dia. sesungguhnya, salah seorang diantaramu akan beramal dengan amalan ahli surga, sehingga jarak antara dia dengan surga itu hanya sehasta saja.tiba-tiba kitabnya telah mendahuluinya, lalu ia pun beramal dengan amalan ahli neraka, maka ia masuk kedalam neraka. dan sesungguhnya, salah seorang diantaramu akan beramal dengan amalan ahli neraka, sehingga jarak antara dia dengan neraka itu hanya sehasta saja. tiba-tiba, kitabnya  telah mendahuluinya, lalu ia pun beramal dengan amalan ahli surga, maka ia akan masuk kedalam surga''.
وفيه غاية التخويف لأهل التقوى والأستقامة ،فضلاً عن أهل التفريط والتخليط
  • hadist tersebut amat merisaukan ahli taqwa dan orang-orang yang lurus jalannya. apalagi dengan orang-orang yang sering alpa dan keliru dalam urusan agamanya.
. وكان بعض السلف الصالح يقول
والله ما أمن أحد على دينه أن يسلب إلا سلب
  • sebagian salaf shaleh berkata,''demi Allah, tiada seseorangpun akan selamat dari agamanya. sekiranya dia akan diselewengkan Allah, niscaya ia akan terseleweng
وقد كان السلف الصالح - رحمة الله عليهم- في غاية الخوف من خاتمة السوء مع صلاح أعمالهم وقلة ذنوبهم ،حتى قال بعضهم : لو عرض عليَّ الموت على الإسلام بباب الحجرة ، والشهادة بباب الدار ، يعني الشهادة في سبيل الله ، لاخترت الموت على الإسلام على باب الحجرة ، على الشهادة على باب الدار، لأني لا أدري ما الذي يعرض لقلبي فيما بين الحجرة إلى باب الدار!
وقال آخر لبعض إخوانه : إذا حضرني الموت فاقعد عند رأسي وانظر ، فإن رأيتني قد مِتُّ على الإسلام فخذ جميع ما معي فبعه ، وخذْ به سكراً ولوزاً وفَرِّقه على الصبيان . وإن رأيتني قد مِتُّ على غير ذلك فأعلم الناس ليصلي عليَّ من أراد أن يُصَلِّي ، على بصيرة . وكان قد ذكر له علامة يعرف بها الفرق بين الأمرين . قال : فرأيته قد مات على الإسلام
وفعل ما أمره به من التصدق على الصبيان . وحكاياتهم في ذلك كثيرة مشهورة .
  • karna itu , mereka senantiasa hidup dalam kebimbangan, kalau-kalau kelak mereka di wafatkan dalam keadaan su'ul khotimah, meski amal ibadah mereka telah cukup dan dosa mereka amat sedikit. sehingga sebagian dari mereka berkata:''sekiranya aku diberi pilihan antara mati dalam islam di pintu bilik (kamar) dengan mati syahid di pintu rumah, niscaya aku memilih mati dalam islam di pintu bilik daripada mati syahid di pintu rumah, karna aku masih ragu apa yang akan terlintas di hatiku nanti ketika aku berada di antara pintu bilik dan pintu rumah''.dan berkata seorang shaleh kepada saudara-saudaranya,'' jika telah tiba ajalku kelak, hendaklah kamu duduk di kepalaku, dan memperhatikan apakah aku mati dalam islam atau tidak. apabilah engkau dapati aku mati dalam islam, maka ambilah seluruh barang peninggalanku dan juallah semuanya. kemudian, belikan dengannya gula-gula dan buah badam, dan bagikan kepada anak-anak kecil. apabila engkau dapati aku mati dalam selain islam, maka hendaklah engkau beritahukan kepada orang banyak yang ingin menyolatkan jenazahku, agar mereka mengetahui keadaan matiku sebelum menyolatkannya. sebelum itu, orang shaleh tersebut telah mengajarkan kepada saudar-saudaranya tanda-tanda bagaimana mereka bisa membedakan antara dua kematian itu.(husnul dan su'ul khotimah). berkata saudaranya, setelah orang shaleh itu meninggal:'' aku telah mendapatinya mati dalam islam'' maka ia pun melaksanakan wasiat orang shaleh itu dengan bersedekah kepada anak-anak. dalam masalah ini terdapat banyak cerita yang sama dan masyhur pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar