Kamis, 27 Agustus 2015

(PERTANYAAN 2 MALAIKAT, YAITU MUNKAR DAN NAKIR)

(PERTANYAAN 2 MALAIKAT, YAITU MUNKAR DAN NAKIR)
diberi nama kedua malaikat dengan nama tersebut, karna kedua malaikat itu akan mendatangi jenazah dengan bentuk yg sangat menakutkan, sesungguhnya ciri2 kedua malaikat itu adalah bahwa keduanya berwarna hitam (tubuhnya) dan kebiru-biruan (matanya) dan ukuran matanya seperti kuali tembaga. dan dalam satu riwayat disebutkan, sorot matanya seperti kilat. suara kedua malaikat itu seperti guntur, di saat berbicara keluar dari mulut keduanya seperti api. di tangan masing2 kedua malaikat itu terdapat godam dari besi, dimana seandainya dipukul sebuah gunung dengan godam itu, pastilah gunung itu akan meleleh.
dan dalam riwayat lain disebutkan: ''Di tangan salah satu dari dua malaikat itu terdapat mirzabah (tongkat dari besi), dimana seandainya penduduk kota mina berkumpuluntuk mengangkatnya, niscaya mereka tidak akan mampu mengangkat tongkat tersebut''.
menurut pendapat yang sohih kedua malaikat ini ditugaskan kepada orang yang ta'at dan yang tidak ta'at, akan tetapi kedua malaikat ini berlaku lembut kepada orang yang beriman. dan keduanya berkata kepada orang beriman apabila ia diberi taufiq (pertolongan Allah) untuk menjawab (dengan benar) ''NAM NAUMATAL 'ARUUS'' (tidurlah engkau sebagaimana tidurnya pengantin baru)
dan kedua malaikat itu menghardik terhadap orang munafiq dan kafir.
dan dikatakan oleh satu pendapat: '' orang beriman yang bertingkah laku tepat (Lurus) akan didatangi oleh malaikat Mubasysyir dan Basyir.
adapun orang kafir dan orang mukmin yang durhaka akan didatangi oleh malaikat munkar dan nakir'' demikian faidah dari guru kami , Syekh Yusuf di dalam kitab ''Fathul Qadir Al-Murid''.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar