Kamis, 27 Agustus 2015

kisah tentang Syeih Ahmad Ar Rifa’i Al Kabir dan pertemuan dengan kakeknya, Nabi Muhammad

يقول الإمام عز الدين الفاروقي في كتابه "إرشاد المسلمين": أخبرني أبي الحافظ محي الدين أبو إسحق عن أبيه الشيخ عمر الفاروقي أنه قال: كنت مع وشيخنا السيد أحمد الكبير الرفاعي الحسيني عام حجه الأول وذلك سنة خمس وخمسين وخمسمائة، وقد دخل المدينة يوم دخوله القوافل إليها قوافل الزوار من الشام والعراق واليمن والمغرب والحجاز وبلاد العجم وقد زادوا على تسعين ألفا، فلما أشرف على المدينة المنورة ترجل عن مطيته ومشى حافيا إلى أن وصل الحرم الشريف المحمدي ولا زال حتى وقف تجاه الحجرة العطرة النبوية فقال : السلام عليك يا جدي، فقال رسول الله له: "وعليك السلام يا ولدي"، سمع كلامه الشريف كل من في الحرم النبوي، فتواجد لهذه المنحة العظيمة والنعمة الكبرى وحنَّ وأنَّ وبكى وجثا على ركبتيه مرتعدا ثم قام وقال:
في حالة البعد روحي كنت أرسلها تقبل الأرض عني وهي نائبتي
وهذه دولة الأشباح قد حضرت فامدد يمينك كي تحظى بها شفتي
فمدَّ له رسول الله صلى الله عليه وسلم يده الشريفة النورانية من قبره الأزهر الكريم فقبلها والناس ينظرون، وقد كان في الحرم الشريف الألوف حين خروج اليد الطاهرة المحمدية
Syeih Ahmad Ar Rifa’i Al Kabir orang yang mashur dengan kedalaman ilmunya, zuhud dan ketaqwaanya,adalah salah satu Auliya’ Al-Arif billah ,yang di beri anugerah oleh Allah dengan banyak keramat yang Masyhur dan di tulis oleh banyak Ulama’dalam kitab kitab.
di antara keramatnya yang termashur dari beberapa keramat yang di berikan oleh Allah ialah:
Beliau mencium tangan kakeknya yang tidak lain adalah sayidina Muhammad SAW
dan cerita ini telah di ceritakan dari generasi ke generasi hingga layaknya mencapai derajat mutawatir.
cerita ini telah di sebutkan dan di tetapkan banyak Ulama’ di antaranya adalah Al Hafidl As Suyuthi , al muhadits Al-munawi,imam ASy-Sya’rany dan ulama’ulama’ besar lainya.
berkata Imam Izuddin al Faruqy dalam kitab ‘’Irsyadul Muslimin’’: ayahku -Al hafidl Muhyidin Abu Ishaq-,bercerita, dari ayahnya -Syeih Umar Al faruqi-
‘’bahwa belaiau berkata: saya bersama Guruku Sayid Ahmad al Kabir Ar-Rifa’i Al Husainy R.A. saat hajinya yg pertama yaitu tahun 555 H.
Beliau masuk ke kota Madinah di saat rombongan dari Syam,iraq, Yaman , Magrib, Hijaz dan negeri non arab yg lain jumlahnya lebih 90 ribu jama’ah.
dan ketika beliau mulai mendekati kota Madinah ia pun Turun dari kendaraan dan memilih berjalan kaki tanpa alas , hingga sampai pada makam yg penuh semerbak wanginya kenabian.
maka iapun mengucapkan salam :’’Asalamu Alaika wahai kakek’’
‘’lantas terdengar suara dari makam Rasulullah yg mulya.
‘’wa alaikum salam wahai putraku.’’
beliaupun merasa mendapat anugerah dan ni’mat agung ahirnya beliau terduduk seraya gemetar bersuara merintih pelan sambil menangis lalu berdiri sambil berkata
تقبل الأرض عني وهي نائبتي
في حالة البعد روحي كنت أرسلها
Saat aku jauh ,aku hanya mengirimkam ruhanyah-ku ke sini mengecup bumi tempat engkau di makamkan sebagai ganti aku sowan menghadapmu.
فامدد يمينك كي تحظى بها شفتي
وهذه دولة الأشباح قد حضرت
Dan kini ragaku telah hadir di hadapanmu,maka sudilah engkau ulurkan tangan kanan-muagar bibir-ku mendapat bagian untuk mengecup tangan –mu.
Lantas Rasulullah SAW mengullurkan tangan NURoNYAH MULYA NYA dari dalam kubur yang lantas beliau syeih Ahmad mencium tangan baginda Rasul yg mulya dan di saksikan banyak orang.
di antara para pembesar Ulama’ di zaman itu yang hadir adalah. Syei Hayat Al harany,Syeih ‘Ady Bin Musafir ,Syeih Aqil Al Manji ,Syeih Ahmad Az-Zahir Al-Anshory dan banyak lagi kaum muslimin lainnya Mereka semua mendapatkan berkah dan kemulyaan dengan melihat Tangan Rasulullah berkat Syeih ahmad Ar Rifa'i.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar